Streaming MNC TV Hari Ini Live TV Online Indonesia

Sedang Memuat...

Setelah RCTI dan SCTV, MNC TV yang didirikan oleh Siti Hardiyanti Rukmana (Mbak TUtut) ini merupakan stasiun televisi swasta berikutnya yang mengudara di Indonesia. Kala itu (sewaktu masih bernama TPI) sebagian besar sahamnya dikuasai oleh PT. Citra Lamtoro Gung Persada.

Sejarah Peralihan TPI ke MNC TV


Diawal berdirinya TPI, stasiun televisi ini berbagai chanel dengan stasiun televisi milik pemerintah yaitu TVRI. Setelah lama fokus pada acara-acara tema pendidikan, perlahan misi edukatif yang diusungnya menjadi berkurang. Hal ini terlihat dari beberapa acara lain yang diselipkan seperti tayangan sinetron maupun kuis.

TPI akhirnya terpisah dari saluran TVRI pada tahun 1990. Baru pada tanggal 23 Januari 1991 Presiden Soeharto meresmikan TPI sebagai saluran televisi berbasis pendidikan. TPI mengudara secara bertahap dalam hal jam tayang. Setelah diresmikan televisi ini hanya mengudara 4 jam sehari. Namun mulai 1 Juni 1991 siarannya bertambah menjadi 6,5 jam dan 8 jam pada akhir 1991.

Semakin lama TPI makin jauh dari konteks aslinya. Dari semula yang singkatan Televisi Pendidikan Indonesia, berikutnya menjadi Televisi Paling Indonesia. Hal ini karena semakin berkurangnya tayangan-tayangan pendidikan dan justru didominasi oleh acara-acara yang kental unsur hiburan seperti Kontes Dangdut, Kuis Dangdut, dan sinetron lokal.

Terhitung sejak bulan Oktober 2003, tiga perempat saham TPI dikuasai oleh Media Nusantara Citra (MNC Group). MNC sendiri merupakan himpunan perusahaan media yang juga merupakan induk perusahaan televisi swasta RCTI, GTV, dan iNews.

Setelah melalui polemik yang cukup panjang akhirnya pada 20 Oktober 2010 TPI secara resmi berganti nama yaitu MNC TV. Adanya perubahan ini tak lepas dari kepanjangan nama TPI sendiri yang kurang sesuai dengan tayangan-tayangan yang disuguhkan. Sejalan dengan itu citra TPI di mata masyarakat perlahan-lahan berubah dengan program-program MNC TV yang lebih fresh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel